Kamis, 04 Juni 2015

Cara Cari Buyer

Tidak mudah dalam mencari buyer atau importir potensial, meskipun kita sudah tahu nomor contact, alamat atau email mereka, kadang-kadang penawaran yang kita ajukan tidak direspon atau mentah bahkan ditolak.  Banyak faktor yang menyebabkan penawaran yang kita ajukan ditolak atau tidak dianggap sama sekali.

Beberapa alasan importir tidak merespon atau menolak penawaran dari kita salah satunya sebagai berikut:
  1. Reputasi perusahaan kita belum dikenal baik oleh buyer / importir.  Ada kalanya importir menanyakan track record export kita, nomor registrasi perusahaan, sertifikat-sertifikat internasional, dll.
  2. Email yang kita kirimkan ke email mereka masuk ke folder spam/junk, sehingga email dari kita tidak pernah dibaca oleh mereka.  Salah satu penyebabnya karena kita kurang pandai dalam menyusun kalimat penawaran dalam bahasa inggris, biasanya karena kita copy paste dari sumber lain yang banyak beredar di internet.
  3. Email yang kita gunakan bukan email bisnis, melainkan email gratisan dari gmail atau yahoo, dll.  Importer akan lebih peduli jika email kita merupakan email bisnis, misalnya emailanda@perusahaananda.com  bukan  emailanda@gmail.com.
  4. Penawaran yang kita ajukan dianggap tidak kompetitif atau terlalu mahal bagi importir, sedangkan penawaran dari kompetitor lain ada yang lebih murah, atau importir menginginkan harga yang murah dengan kualitas yang sama.
  5. Kemampuan supplay perusahaan kita terbatas dan tidak bisa kontinyu sehingga importir lebih memilih supplayer lain yang bisa kontinyu.
  6. Kita maunya dibayar cash, sementara buyer menginginkan metode pembayaran yang lain, misalnya barang dibayar setelah dicek kualitasnya di gudang buyer, dll.  Tentu kita akan was-was kalau menggunakan metode ini karena kemungkinan barang kita tidak dibayar oleh mereka.
  7. Kita maunya buyer melakukan order dalam jumlah besar, sementara buyer belum mengenal baik perusahaan kita sehingga hanya akan melakukan trial order dalam jumlah sedikit.  Hal ini tentu akan menyulitkan kita dalam menghitung biaya yang ditimbulkan, akibatnya akan berdampak pada harga jual barang itu sendiri.



Berikut ini salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencari buyer potensial:

  1. Mencari tahu database dari dinas perdagangan setempat
  2. Mencari tahu database dari KADIN Indonesia
  3. Mencari tahu database dari Badan Pengembangan Export Nasional (BPEN)
  4. Mencari tahu database dari Kedutaan Besar / Atase Perdagangan Negara Asing di Indonesia
  5. Mencari tahu database dari Kedutaan Besar / Atase Perdagangan Indonesia di Luar Negri
  6. Bila memungkinkan selalu mengikuti pameran dagang internasional
  7. Daftar sebagai member pada website Jual Beli atau Broker to Broker atau Business to Business (B2B) Internasional
  8. Gabung dengan group/milis jual-beli internasional atau export-import
  9. Gabung dengan forum-forum internasional yang membahas export-import 
  10. Cari tahu melalui search engine seperti google atau streetdirectory mengenai nama perusaahaan, nomor contact/fax, contact person, alamat dan email perusahaan mereka.

91 komentar:

  1. Mas bisa minta CP nya,ini CP saya: 082114706060,ahmad,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf karena banyaknya telephon masuk yang tidak bertanggung jawab, maka komunikasi yang saya utamakan lewat email terlebih dahulu

      Hapus
  2. jika ada buyer batu bara kontak email sy
    ato cp 081330908169

    BalasHapus
    Balasan
    1. specs serta kapasitas per bulan/tahun batubaranya tolong kirim ke email saya, nanti coba saya carikan buyernya

      Hapus
    2. Mas Helmi, saya Hendi W dr PT JAB, produsen Kopi, teh dan coklat serbuk. Mohon alamat supplier atau grosir di Kuala Lumpur, saya ingin distribusikan produk saya disana. Produk kami sdh punya SNI, ISO 9001, Halal MUI dan Balai POM.

      email saya di hendi.wibowo122000@gmail.com atau via WA di 082384871154

      Hapus
  3. Bos helmi, kami punya tepung rajungan, minta di linkan ke buyer luar bos. email. wira2gri@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemampuan supplynya berapa? kalau ada sertifikat of analysisnya kirim scannya ke email saya

      Hapus
    2. slmat malam mas,,kami ingin coba untuk ekspor ikan laut ( tenggiri,kerisi, dan ikan asin,,tolong dibantu jika ada buyernya..email ejaryu18@gmail.com cp085273158650..thanks sblumnya

      Hapus
  4. Thanks untuk info dan tipsnya. Sangat menggugah sekali!

    BalasHapus
  5. mas helmi kami punya produk daging ayam broiler beku tolong di linkan ke lu
    ar negeri mas,,,makasi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya legalitas eksport? ada sertifikat HACCP, ISO, Halal? kemampuan supply?

      Hapus
  6. Mas helmi saya punya beberapa product yg antik seperti wayang kulit, meja giok, handicraft, tolong dibantu untuk memasarkan barang saya ke luar negeri mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada web atau blog yang menampilkan deskripsi produknya akan lebih mudah dalam mempromosikan barang tersebut

      Hapus
    2. Mas helmy saya produksi makanan ringan spt keripik pisang dan keripik sukun, bs bantu promosi product saya mas? Email saya ; ddy_bangunmetalperkasa@yaho.com

      Hapus
    3. kalau ingin eksport makanan ringan sebaiknya sudah punya sertifikat HACCP

      Hapus
  7. Mas, sy cari buyer luar negeri terutama china dan Arab untuk persiapan panen gaharu, lahan yang sdh sy tanami gaharu 5 hektar umur 4 tahun dan br penanaman sekitar 20 hektar, semuanya atas nama perusahaan, tlong dibantu pemasarannya email perusahaan di arinazzahra_company@gmail.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah punya legalitas ekspor? kemampuan supplynya berapa?

      Hapus
  8. mas helmi sy punya minyak cengkeh rencana mau cari pasaran singapura tolong dibantu sy bisa suply 50.ton dalam 1bulan, kadar nya sekitar 80% sudah ada uji lab sucofindo, tolong balas di alamat email saya (tambang2020@gmail.com)

    BalasHapus
  9. Mas helmy apakah saya jual jilbab. Apakah bisa diekspor? Mohon bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. negara-negara di timur tengah dan negara muslim lain seperti malaysia, brunei adalah pasar potensial untuk jilbab. Jika memungkinkan buatlah badan usaha seperti CV/PD baru kemudian mengurus legalitas ekspor. Perorangan juga bisa ekspor, menggunakan nama perusahaan forwarding (Undername istilahnya)

      Hapus
  10. ok mas sy tunggu sbab ini pekerjaan bisa jangka panjang krena sangat melimpah bahan baku daun cengkeh

    BalasHapus
  11. Mas saya mau berminat ingin export furniture akar jati apa bisa di link.an..minta email.y ya..atau email ke riosoeharto014@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah punya ETPIK-BRIK?

      Hapus
    2. Mas saya ada serbuk Jahe,utk minuman, sudah legal. Kami bisa menyediakan skala besar.tolong mas curikan buyer luar negri. Krn saya mau ekspor. Ini email saya nopexaja3@gmail.com

      Hapus
    3. serbuk jahe murni atau gula jahe serbuk? sudah punya legalitas ekspor?

      Hapus
    4. serbuk sudah racikan mas. blom mas,,
      tolong mas carikan buyer dari luar negri

      Hapus
    5. kalau sudah racikan mesti tahu syarat supaya dapat beredar di negara tujuan dan biasanya buyer selalu menanyakan sertifikat HACCP untuk produk F&B

      Hapus
  12. Mas helmi saya Herna dri jakarta suplier ikan laut segar termasuk kepiting dan rajungan saya ingin export brg saya ke luar negri malaysia atau singapore minta tolong cari kan buyer nya mas terima kasih bisa hub herna 085212631463

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah mengerti cara ekspor ikan segar? apakah sudah mengerti peraturan di negara tujuan ekspor. untuk kepiting sepertinya ada peraturan pembatasan ekspor dari mentri kelautan.

      Hapus
    2. met mlm mba ena,,kita punya stok tenggiri,kerisi,ikan asin dan ikan laut segar lainya,barang langsung dari bangka,jika berminat dpt hubungi cp 085273158650.

      Hapus
  13. Mas helmy saya juga ada green coffe. Tolong mas bantuanya utk mencari buyer dr luar negri.
    Nopexaja3@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah punya ET-KOPI? arabika atau robusta? kapasitas supplynya berapa?

      Hapus
    2. sudah mas punya ET-kopi, robusta. satu bulan 300 kg

      Hapus
  14. pak helmy saya memiliki perusahaan CV yang bergerak dibidang jasa pembangunan/pemborong bangunan jadi atau properti/ gedung dll, sementara ini proyek yang saya tangani dalam negeri. mohon bantuannya agar saya bisa memperoleh proyek diluar negeri gimana caranya ya?
    cp: 085328990026

    BalasHapus
  15. Malam Pak Helmy,

    mohon infonya untuk buyer di LN produk wood pellet. atau mungkin ada info lain yg berhubungan. mohon di share ke sinna.sholih@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering-sering cari info di website ini go4worldbusiness.com, ec21.com, globalbuyersonline.com pada kategori wood

      Hapus
  16. Mas helmy kalo mau jual kayu jati sawn timber pasar lokal..bisa minta tempat penampunganya. Saya siap berapa pun dibutuhkan...ini mo hp saya 081368932102

    BalasHapus
  17. Selamat pagi.
    saya baru memulai start up yang bergerak dalam bidang Geo Informatika. konsultan tambang, penjualan alat-alat survey, sampai dengan jasa teknologi data. saat ini saya masih memulai bisnis dalam lingkup dalam negeri. kedepan kami ada bayangan mau memperbesar sayap untuk mencari buyer luar negeri. mohon tipsnya pak. terimakasih (aldiwiratamaw@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips berikut mudah-mudahan bisa membantu anda.
      1.buatlah badan usaha / badan hukum jika belum punya
      2.buatlah website mengenai usaha anda terlebih dulu
      3.daftar atau gabung pada situs B2B seperti ec21, go4worldbusiness, globalbuyersonline, indonetwork, dll, sesuaikan dengan kategori usaha anda
      4. daftar perusahaan anda pada situs direktory seperti streetdirectory
      5. gabung pada group/milis google/yahoo/dll sesuai kategori usaha anda
      6. kirim penawaran anda ke perusahaan yang sesuai dengan usaha anda (bisa cari datanya di situs streetdirectory) melalui email bisnis anda (emailanda@perusahaananda.com) bukan email gratisan seperti gmail/yahoo,dll.

      Hapus
  18. Mas kalo mau kirim ikan laga hias atau cupang,itu apa ya syarat nya,tolong carikan buyer nya jugak

    BalasHapus
  19. mas helmy, saya mau export corn cob ke jepang, bisa carikan buyernya??? biasanya saya export corn cob ke korea. kapasitas 200-300ton/bln ini email saya: sony.icha911@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  20. selamaat malam saya mau mengajukan bila ada buyer saya siap mensuplai BIODISEL dan MINYAK JELANTA kapasitas tak terbatas bisa kita lanjut via email untuk penawaran dan dll
    untuk web resmi perusahaan inbok email atau via wa 081232980844 bisa kita agendakan untuk appoiment - rooneystaylys@gmail.com

    BalasHapus
  21. slmt mlm mas helmy, saya randy produsen pabrik kerupuk dan kemplang di Palembang, saya sdng mencari buyer ke luar negri, krna sya mau ekspor kerupuk dan kemplang k luar ngri. mhn mas hemly bntuannya utk mmbrikan infrmasi buyer luar ngri. alamt email saya : randy2443@yahoo.com
    tq pak helmy.

    BalasHapus
  22. Selamat malam mas,bisa carikan buyer kayu manis dan jagung? Trims

    BalasHapus
  23. Mas bs carikn bayer tokek panjang 45 dibuat untuk serum penyakit info y

    BalasHapus
  24. Mas bs carikn bayer tokek panjang 45 dibuat untuk serum penyakit info y

    BalasHapus
  25. mas saya syukrika,saya blm ad legalitas krn sifatny homemade umkm kerajinan tas rajut tali kur,bisa d carikan suplier luar negeri.trims email saya syukrikascorpi@yahoo.com

    BalasHapus
  26. Siang Pak helmy..bisa bagi tipsnya atau info kalau mau mengekspor kain (glondongan) ke luar negeri.

    terimakasih banyak
    maya

    BalasHapus
  27. Saya ingin sekali mendapatkan buyer bisa eksport pintu kayu dengan kedepannya bisa kontinyu. Tapi saya sangat tidak tau sama sekali caranya. Mohon bantuannya pak helmi. trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ekspor produk hasil hutan termasuk furniture harus mempunyai ETPIK dan SVLK. Silahkan baca semua artikel di blog ini.

      Hapus
  28. mas helmi ini saya juga pingin memasarkan produk2 daerah saya
    meliputi: tas, dompet, yg mana kualitas dan harganya ga kalah sama produk2 cina saya siap bersaing mslah harga dn kualitasnya ini nmer saya 081333141467 atau ISUDHARTO@yahoo.com

    BalasHapus
  29. Selamat Malam Pak Helmy
    Nama saya wayudi saya lagi Coba mengembangkan Usaha Untuk Barang Home Made . Sprti Coaster dan Stuby Beer , paper Bag dan Goodie Bag tolong di bantu di carikan buyer ya

    BalasHapus
  30. Wahyudi @ Indoproc.com / 085 337 811 842 saat kita supplay Ke beberapa Hotel yang ada di bali

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum,,,mas helmi saya mau eksport arang kayu,mohon info buyer nya,,trimakasih

    BalasHapus
  32. Mas helmi sy ingin sekali memasarkan sepatu bordir sy keluar indonesia spt malaysia,brunei,dll,bisakah utk dicarikan link buyer nya,trus caranya gimana apa ada persyaratan yg hrs dipenuhi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Anie buat badan usaha terlebih dahulu bisa UD, PD, CV atau badan hukum seperti PT, baru kemudian urus legalitas ekspor.

      Hapus
    2. Ass n selamat pagi mas,saya davi tinggal d bintan kepulauan riau,mau minta tolong sama mas bantu carikan buyer d spore dalam hal hasil laut baik yang basah ataupun yang kering,soalnya kami para nelayan dsni terlalu tergantung sama tengkulak atau toke mas,..
      terima kasih sebelum n sesudahnya mas.
      no hp saya mas.082173185436
      Email saya mas.riaseptiani95@yahoo.com

      Hapus
    3. mohon lebih detil hasil lautnya berupa apa

      Hapus
  33. apa kabar mas helmi.saya dari sulawesi utara, saya petani biji pala, dalam 1 bulan saya bisa menghasilkan 5-10 ton biji pala kering dengan kwalitas A. mohon infonya untuk masuk langsung ke eksportir biji palah di sulawesi utara atau gmn caranya kalau aku mau jadi eksportir. thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau eksportir biji pala di sulawesi utara saya kurang tahu, tapi kalau pengepul/perusahaan minyak atsiri di bandung dan bogor ada. kalau mau jadi eksportir buat badan usaha dulu, baru kemudian mengurus legalitas ekspor.

      Hapus
  34. pagi mas...maaf saya mau mnta tolong carikan buyer untuk produk fashion saya khusus batik modern dan fashionable, kira2 buyer biasa dari negara mana yg tertari,...terima kasih banyak info nya.

    BalasHapus
  35. Mas helmi,
    Minta tolong carikan buyer untuk produk tepung sagu basah kami asal Kalimantan Barat mas. Kira-kira buyer dari mana yang bisa membeli produk kami dan apa standar yg diminta mereka.? Untuk syarat utamanya akan saya lengkapi setelah dapat info dari mas helmi

    BalasHapus
  36. Bang.. Saya pedagang rempah rempah diwonogiri.. Bisa mhn dibantu untuk bisa selling ke luar..?

    BalasHapus
  37. Bang.. Saya pedagang rempah rempah diwonogiri.. Bisa mhn dibantu untuk bisa selling ke luar..?

    BalasHapus
  38. Mas saya punya buah okra minta tolong carikan buyer agar bisa di pasarkan di luar negri

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Sya mau ekspor baju daster lowo n naura bisa di bantu pak,mksh

    BalasHapus
  41. Pagi Mas Helmi, saya punya produk lada putih bubuk dan lada hitam asal bangka.. apa bisa tlg carikan buyernya? Atau buyer yang biasa memakai perusahaan apa atau dari negara mana? Kemampuan supply 18 ton per bulan. Terima kasih banyakk mas

    BalasHapus
  42. Luar biasa..

    Mas helmi kami team pengepul jahe market kami ke bangladesh dibantu agent yg ada disini legalitas export kami lumyan cukup lengkap rencananya kami ingin membuka pasar yg lebih luas lagi karna berbagai tantangan kerjasama dengan broker yg itu2 saja membuat kami termonopoli dengan alami kami mohon bantuannya untuk bisa membuka pasar baru terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  43. mohon bantuannya mas helmy,saya seorang mediator,saya sekarang sedang mencari seorang buyer yg serius untuk membeli batu bara dan barang udah ada dan sudah ready stok.dan kami mencari buyer untuk biasa menyuplai batu bara.mohon bantuannya dari mas helmy untuk mencari kan buyer yang serius,dan kami siap untuk membawa buyer langsung ke lokasi tambang,mohon di carikan buyer nya yg serius mas,ini nomor hp saya 081260448900/bpk ginting

    BalasHapus
  44. Pak helmy, saya produsen minyak sereh dg kemampuan suplai 100ton perbulan. Uji lab lengkap. Alamat kantor di jakarta. Minta carikan buyer luar negeri biar bisa eksport. Wa saya 0812 878 66477

    BalasHapus
  45. Kepada YthBagian Import / Purchasing Dept.
    Dengan Hormat,Perkenalkan Kami Dari PT. UNITAMA MULTI SARANA,merupakan perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service yang berdomisili di Jakarta barat. Kami siap membantu Bapak / Ibu  untuk menangani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik Import maupun Export.
    Services dari perusahaan kami antara lain :
    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara- Jasa Customs Clearance Import
    Via Laut [LCL / FCL 20feet / 40feet dll]
    - Undername Export - Import
    - Borongan [[All-In]] via Laut dan Udara]
    - Pengurusan Import Door to Door
    - Domestik via Laut, Darat dan Udara ke seluruh Indonesia
    - Cara konsultasi gratis untuk mengimpor
    - Agensi: Malaysia, Singapure, China, Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Untuk melengkapi proses kepabeanan, kami memiliki beberapa izin yang diperlukan. Antara lain :
    - PI BESI BAJA- PI KEHUTANAN
    - LS ELEKTRONIK
    - LS TEXTIL- LS MAINAN
    - LS ALKES- LS MINUMAN
    - LS MAKANAN- LS LAMPU LED- LS SEPATU
    - LS PAKAIAN JADI- LS BARANG BUKAN BARU ( BEKAS )

    Demikian Perkenalan dari kami,atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

    Thank & best regards,

      AGUS RIZAL VC
    PT.UNITAMA MULTI SARANA
    International Freight Forwarders Gedung Nilakandi Lantai. II/5Jl. Roa Malaka Utara No. 1-3 Jakarta Barat 11230. Mobile    : 0822 6112 5670 Phone     : 021 - 690 3230
    Email     : rizal.eximmultisarana01@gmail.comHttps     : //ptunitama.wordpress.com

    KESUKSESAN ANDA KEBANGGAAN BAGI KAMI KENERJA.....!

     

    BalasHapus
  46. saya produsen sabun natural handmade, lulur dan masker minat untuk expor 082211116191

    BalasHapus
  47. saya petani cengkeh dari maluku. tolong minta infonya tentang buyer cengkeh di luar
    halwaprasetyo@gmail.com

    BalasHapus
  48. Assalaamu'alaikum..Mas Helmi tolong carikan pemebeli ikan Tenggiri, krapuk, sunu, kakap, tongkol, dll di Pasar Ikan Geylang Serai atau Jurong Singapura.. dan juga Malaysia,,www.putracisiih@gmail.com

    BalasHapus
  49. Pak Helmy salam kenal saya Ridwan.
    saya mempunyai produk gula semut (Powder sugar palm)
    kapasitas 100 Ton per bulan.
    legalitas untuk export sudah punya.
    bisa di bantu di carikan market di uar negeri.
    ini alamat email saya : gunawan@pt-sae.co.id
    Terimakasih.

    BalasHapus
  50. Selamat sore saya aris dari surabaya saya ada barang masker onemed dll dengan harga yg murmer mungkin berminat bisa wa 08998465566 trimakasih

    BalasHapus
  51. Greetings

    General Trading
    - Export Door To Port/Door
    - Import Borongan All-in
    - Door To Door Services
    - Domestic Sea Freight

    Thanks

    AGUS RIZAL
    Internasional Freight Forwarders
    Tlp/Wa : 0822 6112 5670

    BalasHapus
  52. Agus Rizal Forwarder

    Export Door To Port/Door
    Import Borongan All-in
    Door To Door Services
    Domestic Sea Freight

    Thanks
    Wa: 0822 6112 5670

    BalasHapus
  53. Bos helmi, saya punya stock batubara , saya bisa supply min 10.000 tonase perbulan. Bisa dibantu dicarikan buyer?

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum pak.... mohon bantuan bapak untuk informasi buyer cengkeh dalam negeri yg langsung dari pabrik.terimakaaih pak.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum pak.....saya mohon bantuan bapak untuk info buyer dalam negeri kalau dapat langsung dari pabrik dengan komoditi Cengkeh....wa.081351270313.tq pak

    BalasHapus
  56. Assalamualaykum pak...saya mohon bantuan info buyer luar negeri saya punya produksi kripik pisang, kripik tumpi, kripik kacang dan teri..terima kasih . Wa : 083191146963

    BalasHapus
  57. Saya mempunyai bisnis d bidang perikanan yaitu ikan teri... Klo ada buyer siap menampung dalam jumlah besar... Bole d hubungi... 081316420987...
    Salam dari perbatasan Indonesia...
    #natuna

    BalasHapus
  58. Selamat malam bapak dan ibu saya mempunyai bisnis di bidang kratom powder kalo ada buyery dapat hubungi saya di email sumatraherbalplants@gmail.com atau WhatsApp 089507801444

    BalasHapus
  59. Ijin tanya kl buat sertifikat haccp apa harus punya pabrik. Dan brp biayanya. Terimakasih

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Kpd Yth
    Purchasing/ Bag Export/Import
    Di Tempat
    Selamat siang
    Perkenankan saya TOMMY � dari PT.KARISMA SEJAHTERA LOGISTIK� yang bergerak dibidang� Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Port Tanjung Priok Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta, Port Lampung, Port Tanjung Emas Semarang maupun Port Tanjung Perak-Surabaya Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang Import atau pun Export dan kami juga mempunyai agent di seluruh dunia untuk mendukung process pengiriman cargo guna mempelancar proses barang customer Exim

    " We Serve With Heart"
    Whatsaap: 081310849918
    Email:Tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus